Others

Penyebab dan Tips Membeli Aki Mobil Agar Bisa Bertahan Lama

Penyebab dan Tips Membeli Aki Mobil Agar Bisa Bertahan Lama
Posted by admin

Aki memiliki peran penting untuk mobil, terutama pada bagian kelistrikan. Dengan aki mobil yang prima dan berfungsi dengan baik, kelistrikan pada mobil akan maksimal dan membuat perjalanan menjadi nyaman. Oleh karena itu, kesehatan aki benar-benar harus Anda perhatikan. Jika sudah tidak berfungsi baik, segera beli aki yang baru karena harga aki mobil juga tidak terlalu menguras kantong.

Penyebab Aki Soak dan Tekor

  1. Mobil jarang atau tidak pernah digunakan

Mungkin beberapa orang mengira bahwa jika mobil jarang digunakan akan menjadi lebih awet dan terjaga. Padahal, yang terjadi justru sebaliknya. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama justru akan merusak aki mobil. Ketika kunci sudah dicabut, aki tetap mengalirkan listrik ke komponen kelistrikan mobil. Jadi, jika tidak digunakan, hal ini akan membuat aki menjadi tekor.

  1. Menggunakan aksesoris berlebihan

Jika Anda salah satu orang yang sering memasang berbagai aksesoris tambahan pada mobil, mulai saat ini sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut. Ketika memang Anda ingin menggunakan jenis lampu mobil HID misalnya, maka sesuaikan juga dengan akinya, yakni dengan AH yang lebih tinggi. Namun, jauh lebih baik jika tidak perlu menggunakan sesuatu yang berlebihan.

Tips Membeli Aki Mobil

  1. Membeli di toko terpercaya

Tips ini mungkin lebih berkaitan dengan selera dan rasa percaya terhadap sebuah toko. Ketika seseorang sudah merasa puas dengan toko aki, maka untuk pembelian berikutnya biasanya dia akan membeli di tempat yang sama. Jika Anda adalah tipe orang seperti itu, maka sebaiknya pilih toko yang sudah terpercaya, bisa jadi karena Anda pernah membeli di toko tersebut atau karena banyak orang yang merekomendasikannya.

  1. Sesuaikan dengan spesifikasi mobil

Ternyata membeli aki mobil tidak bisa sembarangan. Aki yang hendak Anda beli harus cocok dan sesuai dengan spesifikasi mobil anda. Jika perlu, konsultasikan dengan bengkel resmi mobil Anda apakah aki tersebut cocok atau tidak. Hal ini akan mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan di masa mendatang seperti aki tidak tahan lama atau membuat komponen mobil cepat rusak.

  1. Cek kapasitas

Kapasitas aki juga tidak boleh Anda lupakan. Aki basah dan aki kering memiliki kapasitas yang berbeda. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli, lebih baik periksa terlebih dahulu tentang dimensi, ukuran, tegangan, dan ampere yang dimiliki oleh aki mobil tersebut. Sekali lagi, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel resmi mobil Anda untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

  1. Hindari aki rekondisi

Aki rekondisi sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan mobil Anda. Selain kualitasnya tidak maksimal, aki rekondisi juga berpeluang untuk merusak komponen-komponen penting mobil Anda yang membuat Anda harus mengeluarkan uang untuk memperbaikinya. Tak masalah jika harga lebih mahal, yang terpenting adalah aki yang Anda beli benar-benar berkualitas baik.

Perlu diketahui bahwa saat ini banyak sekali penjual aki yang nakal dan menjual aki rekondisi dengan mengatakan bahwa aki tersebut baru. Oleh sebab itu, lebih baik Anda pahami bagaimana cara membedakan aki rekondisi dan aki yang barus. Jika tidak, ajaklah seseorang yang lebih berpengalaman saat membeli aki.

  1. Pilih merek terbaik

Seperti kita ketahui, ada banyak sekali merek aki mobil yang beredar di pasaran. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Meski begitu, untuk lebih aman sebaiknya Anda membeli aki dengan merek yang memang sudah terpercaya dan terbukti kualitasnya. Dan yang terpenting, pastikan aki tersebut memiliki garansi.

Mengganti Aki Soak dan Tekor

Jika Anda memiliki bekal otomotif yang cukup, sepertinya mengganti aki secara mandiri bukan hal yang sulit. Namun, jika tidak, Anda juga bisa menggunakan jasa ganti aki panggilan. Saat ini sudah banyak jasa tersebut. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membawa mobil Anda ke bengkel. Hanya bermodalkan smartphone, Anda tinggal menunggu montir datang ke lokasi Anda.

Layanan penggantian dan perawatan aki tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website www.montir.id. Anda juga bisa mengunduh aplikasinya dan menggunakan lewat smartphone. Ada beberapa layanan yang bisa Anda nikmati, antara lain ganti kabel aki mobil dan ganti aki mobil panggilan. Selain itu, ada pula layanan berkaitan dengan otomotif lainnya seperti bengkel panggilan dan sebagainya.