Others

Dear Cat Lovers, Inilah 4 Tips Memilih Makanan Kucing Anggora Terbaik

Dear Cat Lovers, Inilah 4 Tips Memilih Makanan Kucing Anggora Terbaik
Posted by admin

Ketika memutuskan ingin memelihara kucing ras anggora, Anda harus benar-benar telaten merawatnya, terutama dalam hal memilih makanan kucing anggora yang tepat. Karena kalau sampai salah, bisa berdampak pada kondisi kesehatan dan fisik kucing yang Anda pelihara.

Seperti halnya ras kucing lainnya, kucing anggora juga wajib diberi makanan khusus kucing dengan kandungan nutrisi yang sesuai usia, berat badan, tingkat aktivitas, maupun riwayat medis kucing peliharaan Anda. Jadi, tidak boleh sembarangan pilih makanan, ya.

Memilih Pakan untuk Kucing Anggora

Pada dasarnya, bahan dasar pakan kucing anggora bisa berasal dari daging atau ikan. Mengapa diutamakan daging? Itu karena kucing anggora tergolong hewan karnivora obligat, sama seperti ras kucing persia, yang lebih menyukai makanan sejenis daging atau ikan.

Selain itu, dalam memilih pakan untuk kucing anggora yang tepat perlu memperhatikan asupan nutrisi, seperti protein, vitamin, serta asam lemak amino. Selengkapnya, berikut beberapa cara memilih makanan kucing jenis anggora terbaik:

1.      Kenali betul bahan dasar makanan kucing

Sebelum membeli makanan untuk kucing anggora, ada baiknya Anda ketahui dulu bahan dasar pembuatan makanannya, apakah terbuat dari daging, seperti ikan, ayam, kalkun, dan lain-lain.

Pasalnya, tidak sedikit produk pakan kucing anggora yang terbuat dari daging ‘asal’ atau sisa-sisa tubuh dari rumah potong hewan.

Bahkan, ada yang mengambil bahan dasar dari kucing atau anjing mati. Apabila tak sengaja dikonsumsi kucing, tentu akan membahayakan kondisi kesehatannya.

2.      Perhatikan komposisi kandungan dan nutrisi

Tips memilih makanan kucing yang sehat, terutama kucing anggora, salah satunya memperhatikan kandungan dan komposisi nutrisi, mulai dari protein (minimal 25%), rendah lemak, vitamin A, B12, thiamin, niachin, mineral, taurin, serta asam arakidonat.

Untuk diketahui, nutrisi makanan yang cukup akan membantu pertumbuhan bulu kucing lebih lebat dan terhindar dari risiko kerontokan rambut (hairball).

Adapun nutrisi penting yang baik untuk organ dalam kucing yaitu protein hewani (setidaknya 15 persen protein) serta lemak omega 3 dan 6.

3.      Keseimbangan Gizi yang Dibutuhkan

Selain nutrisi, aspek penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli pakan berkualitas untuk kucing anggora adalah keseimbangan gizi dan tingkat kelembaban (Ph).

Anda bisa mengetahui dua hal tersebut dari kemasan pada setiap merek makanan kucing anggora yang dijual secara di petshop atau supermarket.

4.      Sesuaikan dengan umur dan kondisi fisik kucing

Kemudian, yang harus dicek sebelum yakin membeli pakan kucing adalah apakah pakan tersebut sudah sesuai dengan usia dan keadaan kucing atau tidak.

Sebagai pemilik kucing, Anda harus bisa menyesuaikan makanan kucing apa yang cocok berdasarkan umur, berat badan, dan aktivitasnya. Untuk mengetahui kadar kesesuaian tersebut, Anda bisa menghitung dengan rumus sebagai berikut:

Berat badan x kalori (sesuai umur kucing anggora) = jumlah kebutuhan asupan kalori per hari.

    • Usia anak kucing kurang dari 1 tahun

Memasuki usia 3-4 minggu, setiap anak kucing apapun rasnya sudah bisa Anda beri makanan khusus kucing. Namun sebaiknya, akan lebih aman jika Anda menghindari makanan kering siap saji karena itu belum bisa dicerna baik oleh si anak kucing.

Sebaiknya, berilah anak kucing jenis makanan basah dengan cara menyuapinya menggunakan pipet tetes. Bertahap, Anda bisa perlahan melatihnya untuk makan makanan kering.

    • Usia kucing dewasa di atas 1 tahun

Kucing anggora berumur lebih dari 1 tahun biasanya memiliki bobot badan 4 sampai 5 kilogram dan memerlukan banyak kandungan kalori, minimal 300 kalori per hari.

Oleh karena itu, secara teliti perhatikan label pakan kucing tersebut sebelum membelinya, apakah sudah terdapat label balanced atau belum.

Semisal sudah ada, label tersebut menandakan nutrisi dalam makanan kucing anggora sudah seimbang dan sehat. Selanjutnya, bisa langsung diberikan kepada kucing peliharaan Anda di rumah.

    • Kondisi kucing sedang hamil atau menyusui

Cara memilih makanan kucing yang tepat juga harus memperhatikan kondisi kucing, misalnya dalam keadaan sedang hamil atau menyusui.

Dalam banyak pengalaman, kucing yang sedang hamil atau menyusui akan membutuhkan nutrisi lebih dari biasanya. Karena itu, pilihlah makanan kucing yang memiliki kandungan protein dua kali lipat lebih besar dari biasanya.

Tak hanya dari segi makanan, Anda juga dianjurkan untuk memberi suplemen kalsium khusus bagi kucing hamil ataupun menyusui.

Nah, itulah beberapa tips memilih makanan kucing anggora yang tepat, sehat, dan berkualitas dengan mempertimbangkan dari usia kucing, berat badan, tingkat aktivitas, dan riwayat medis. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda yang berniat membeli makanan kucing terbaik.