Others

Akibat Tidak Ganti Oli Mesin Tepat Waktu yang Wajib Diketahui

Akibat Tidak Ganti Oli Mesin Tepat Waktu yang Wajib Diketahui
Posted by admin

Ganti oli mesin memiliki peranan yang penting namun banyak pemilik mobil yang mengabaikan hal ini dan pada akhirnya mobil kesayangan mereka mengalami kerusakan dan akhirnya terpaksa harus mengeluarkan biaya servis yang tidak bisa dibilang sedikit. Padahal, ganti oli tidak terlalu sulit apalagi harganya yang sudah cukup terjangkau daripada mengabaikan hal ini dan akhirnya mobil mengalami kerusakan fatal bahkan hingga harus mengganti komponen mobil.

Oli bukan hanya berfungsi sebagai pelumas mesin namun juga berfungsi untuk menjaga dan membersihkan mesin mobil agar tidak mudah rusak dan terkikis akibat gesekan yang terjadi antara komponen-komponen mesin. Mengganti oli mesin secara tepat dan rutin tepat waktu menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kualitas mesin agar tetap dapat bekerja secara optimal dan mobil juga akan tetap awet.

Efek Tidak Ganti Oli Mesin Tepat Waktu

Umumnya jangka waktu penggantian oli bergantung pada jenis oli yang digunakan, cara penggunaan mobil, seberapa keras mesin mobil bekerja, jarak tempuh, dan tanda-tanda lainnya. Apabila sudah waktunya maka sebaiknya untuk segera mengganti oli mobil agar tidak menyebabkan kerusakan fatal pada mesin mobil. Inilah beberapa akibat dari telat atau tidak mengganti oli mesin.

  1. Overheating

Overheating merupakan keadaan di mana mesin mobil mengalami kenaikan suhu yang tinggi sehingga mesin mobil menjadi sangat panas yang mengakibatkan kerusakan mesin mobil apabila dibiarkan begitu saja. Apabila oli mesin tidak diganti tepat waktu maka mesin akan bekerja secara maksimal tanpa perlindungan dari oli mesin yang bertujuan untuk pendingin mesin. Maka dari itu mesin akan menjadi lebih cepat panas dan mengalami overheating.

  1. Kualitas mesin menurun

Kinerja dan kualitas mesin mobil juga dapat menurun apabila oli mesin tidak diganti tepat waktu. Hal ini dikarenakan oli mesin berfungsi untuk memaksimalkan kinerja mesin dan melindungi mesin sehingga kualitas mesin akan tetap terjaga. Semakin lama oli mesin tidak diganti maka warnanya akan semakin hitam dan menjadi sangat pekat yang artinya oli sudah kotor dan tidak layak pakai sehingga harus segera ganti oli.

Apabila oli masih tetap digunakan maka fungsinya sebagai pelumas akan berkurang sehingga menyebabkan gesekan antar komponen mesin yang dapat mengakibatkan kinerja komponen mesin akan menurun. Bahkan suara mesin juga akan terdengar semakin kasar dan bising karena oli sudah tidak sanggup melumasi mesin mobil secara layak. Mesin mobil juga akan sulit dinyalakan apabila oli mesin sudah kotor.

  1. Boros bahan bakar

Fungsi utama oli mesin memang sebagai pelumas namun ternyata oli mesin yang tidak atau jarang diganti dapat mengakibatkan penggunaan bahan bakar mobil menjadi lebih boros dari biasanya. Hal ini dikarenakan oli sudah tidak mampu melumasi mesin mobil secara maksimal sehingga gesekan yang terjadi antara komponen mesin mobil akan meningkat dan semakin berat membuat performa mesin mobil menjadi berkurang.

Gesekan komponen mobil yang semakin kuat dapat menyebabkan tarikan mesin menjadi semakin berat yang akhirnya mengakibatkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dikarenakan diperlukannya sumber tenaga untuk meningkatkan dorongan dan kinerja mesin. Bisa dirasakan apabila setelah mengganti oli mesin maka tarikan akan terasa lebih halus dan nyaman digunakan berbeda dengan saat tidak mengganti oli mesin.

  1. Komponen mesin mengalami kerusakan

Akibat tidak mengganti oli mesin tepat waktu dapat menyebabkan kerusakan ringan hingga kerusakan parah pada mesin mobil. oli yang tidak diganti akan menjadi hitam pekat dan kotor sehingga dapat mengakibatkan rusaknya komponen-komponen pada bagian dalam mesin mobil.

Apabila oli yang kotor dibiarkan terlalu lama di dalam mesin mobil maka akan memaksa mesin bekerja secara berlebihan padahal sudah tidak terlumasi dengan baik. Pada akhirnya mesin akan menjadi rusak karena gesekan yang terjadi misalnya seperti terdapat goresan, menimbulkan karat, bahkan bisa saja terbakar karena mengalami overheating.

Setelah mengetahui risiko karena tidak mengganti oli mesin secara tepat waktu, ada baiknya untuk segera mengganti oli mesin tepat waktu apabila anda ingin mobil kesayangan anda tetap dalam keadaan awet dan tahan lama. Untuk menemukan bengkel ganti oli terbaik dengan pelayanan yang memuaskan anda bisa langsung memesannya di Otomall.id. Penawaran harga yang murah serta penggunaan sparepart asli tidak akan pernah mengecewakan anda.