Kesehatan

6 Makanan Penurun Kolesterol yang Disarankan oleh Ahli Kesehatan

6 Makanan Penurun Kolesterol yang Disarankan oleh Ahli Kesehatan
Posted by admin

Tingginya kolesterol dalam tubuh bisa disebabkan dengan beragam hal, utamanya yaitu konsumsi makanan tidak sehat. Masyarakat indonesia sendiri dikenal dengan daya konsumsi tinggi yang dari segi jenis makanannya cenderung mengandung banyak lemak. Anda akan membutuhkan makanan penurun kolesterol untuk mengatasinya. Makanan-makanan tersebut juga dapat menjadi pencegahan agar kadar kolesterol tidak naik, khususnya bagi penderita kolesterol turunan (faktor genetik).

Bahan Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Turunkan Kolesterol

Beberapa bahan makanan berikut ini memiliki kandungan yang mampu menurunkan kolesterol, di antaranya:

1.     Kacang-Kacangan

Kandungan pada kacang-kacangan seperti lemak tak jenuh, protein, vitamin E, serat, magnesium, dan kaliumnya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekitar 5%. Konsumsilah kacang-kacangan yang metode pengolahannya tanpa digoreng dan tidak menggunakan bumbu ataupun garam. Porsi yang disarankan berkisar 100 hingga 200 gram setiap harinya.

2.     Sayuran Hijau

Manfaat luar biasa dari sayuran hijau sudah tidak diragukan lagi, sayuran jenis  ini seperti sawi, pakcoy, kale, bayam, brokoli, selada, dan lainnya dikenal menyehatkan tubuh karena mengandung banyak serat, sejumlah vitamin, serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Termasuk untuk menetralkan kadar kolesterol. Anda bisa memasukan sayuran hijau pada setiap menu makanan sehari-hari.

3.     Gandum

Bukan hanya berperan penting bagi menu diet untuk turunkan berat badan, gandum pun sangat baik sebagai makanan penurun kolesterol yang juga menciptakan rasa kenyang lebih lama.

Gandum mengandung serat larut, berfungsi mengurangi terjadinya penyerapan kolesterol. Kandungan lainnya seperti protein, fosfor, zinc, asam folat, juga banyak lagi ini membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4.     Beras Merah

Sumber karbohidrat lainnya yang bisa turunkan kolesterol adalah beras merah. Serat dan nutrisi pada jenis beras satu ini lebih banyak dibandingkan beras putih biasa. Selain itu kandungan gulanya pun lebih rendah. Beras merah banyak dimanfaatkan sebagai karbohidrat pada menu diet sehat.

5.     Pisang

Lebih gemar konsumsi buah? Buah pisang bisa menjadi pilihan terbaik dalam menurunkan kolesterol. Kandungan inulin yang terdapat dalam pisang berperan menghambat terjadinya penyerapan kolesterol.

Pisang merupakan buah pengendali kolesterol yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Anda bisa mengolah pisang sebagai bahan utama, ataupun campuran pada menu smoothies yang rasanya lebih bervariasi. Selain itu diiris sebagai bahan pelengkap oatmeal pun bisa menjadi pilihan.

6.     Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung Omega 3 yang berfungsi menurunkan tekanan darah, mengurangi terjadinya pembekuan pada darah. Walau tidak memiliki peran utama dalam menurunkan kadar kolesterol, konsumsi ikan salmon secara rutin bisa meminimalisir terjadinya kematian mendadak akibat serangan jantung yang umumnya dialami karena tingginya kadar kolesterol.

Melengkapi makanan penurun kolesterol bisa konsumsi asupan yang mengandung inulin dan beta glucan. Seperti produk minuman Acticor yang memiliki cita rasa lezat dan lebih praktis untuk dikonsumsi.