Others

5 Tips Memilih Makanan Penggemuk Kucing yang Tepat

5 Tips Memilih Makanan Penggemuk Kucing yang Tepat
Posted by admin

Banyak orang yang memiliki kucing menginginkan kucing mereka menjadi gemuk dan berbulu lebat. Sama halnya dengan manusia, kucing juga membutuhkan makanan yang bergizi dan bernutrisi agar gemuk dan sehat. Berikut tips memilih makanan penggemuk kucing yang tepat.

1. Berikan Makanan yang Tinggi Protein

Pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi untuk menambah berat badan si kucing. Makanan kucing yang berkualitas berasal dari daging-daging, ikan atau sumber protein lemak yang lainnya. Lebih baik berikan makanan kucing yang tidak mengandung karbohidrat karena pencernaan kucing tidak bisa memproses karbohidrat menjadi zat yang dibutuhkan kucing.

Apabila kucing makan yang mengandung karbohidrat yang berlebihan hal itu justru akan menyebabkan kucing obesitas dan berisiko terkena diabetes. Kucing gemuk yang sehat adalah kucing yang gemuknya karena kebutuhan protein dan lemaknya seimbang. Memilih makanan untuk kucing memang tidak boleh asal-asalan.

Saat memilih makanan kucing, bandingkan kandungan protein antara makanan basah dengan makanan kering. Sebelum membeli makanan kucing, Anda bisa membandingkan makanan kering dan basah membandingkan keduanya pada kondisi yang sama.

Kadar protein yang terkandung dalam makanan kering umumnya mengandung empat kali persentase tertulis dibanding makanan basah. Jadi, jika Anda ingin membandingkannya Anda bisa mengalikan kadar persentase tertulis pada makanan basah dengan empat.

2. Berikan Makanan yang Rendah Karbohidrat

Makanan kucing jenis kering biasanya mengandung karbohidrat yang tinggi, hal ini sangat tidak dibutuhkan oleh kucing. Berbeda dengan manusia, kucing membutuhkan energi dari protein dan lemak bukan dari karbohidrat. Jadi, pilihlah makanan kucing yang tidak mengandung biji-bijian dan tidak mengandung karbohidrat lebih dari 5 %.

3. Pilih Makanan yang Tidak Mengandung Bahan Pengawet

Hindari memberi makanan pada kucing yang mengandung bahan-bahan pengawet yang berbahaya seperti BHA, BHT, propyl gallate, propylene glycol dan ethoxyquin. Bahan-bahan tersebut berbahaya untuk kucing karena dapat mengakibatkan kanker pada kucing, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin E serta asam lemak yang mengandung omega 3.

4. Pilih Makanan yang Mengandung Kadar Air Tinggi

Kucing sangat butuh makanan yang mengandung kadar air yang tinggi. Apabila Anda ingin memberikan makanan kering pada kucing, Anda juga harus memenuhi kebutuhan air putih untuk kucing karena apabila kucing kekurangan minum dapat menyebabkan kucing terkena penyakit ginjal. Apabila memungkinkan berilah kucing makanan basah agar kebutuhan minum kucing tetap terpenuhi.

5. Berikan Kucing Vitamin

Selain memberikan makanan yang tepat kepada kucing, Anda juga harus memberikan vitamin pada kucing agar kucing cepat gemuk dan berbulu lebat. Vitamin yang diberikan adalah vitamin seperti minyak ikan  karena akan menambah nafsu makan si kucing. Anda bisa memberikannya dengan dicampur makanan atau langsung dikasih kepada kucing.

Itulah beberapa tips memilih makanan penggemuk kucing, salah satu makanan kucing yang bisa Anda coba untuk kucing adalah Proplan Adult Sterilised/Weight Loss, makanan kucing ini berkualitas dan cocok diberikan kepada kucing Anda yang ingin gemuk. Anda bisa membaca selengkapnya tentang produk tersebut di proplan.co,id.