Others

4 Sumber Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan, Sekolah? Tidak Selalu!

4 Sumber Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan, Sekolah? Tidak Selalu!
Posted by admin

Mendapatkan ilmu pengetahuan dan pendidikan, tidak melulu didapat melalui pendidikan. Lantas, apa saja sumber lain dari pendidikan dan ilmu pengetahuan?

Setiap individu memiliki kesadaran tinggi bahwa pendidikan adalah bagian penting dalam hidup. Memiliki kesempatan untuk menikmati pendidikan melalui sekolah sangat dinantikan banyak orang. Namun nyatanya ada banyak sumber untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Sayangnya, metode-metode ini tidak disadari banyak orang dan dianggap sebagai angin lalu. Sebelum membahas sumber ilmu pengetahuan lainnya, ada baiknya memahami makna ilmu pengetahuan itu sendiri.

 

Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan

Ilmu pengetahuan adalah hasil dari proses pendidikan yang disusun secara sistematik dan terukur. Ilmu merupakan pengetahuan tentang suatu bidang yang disesun dengan sistem atau metode tertentu. Kemudian dapat dimanfaatkan untuk menerangkan berbagai gejala tertentu pada bidang pengetahuan tersebut. Singkatnya, ilmu pengetahuan akan didapat dari proses pendidikan.

Pendidikan yang dimaksud tidak melulu berasal dari pendidikan formal. Ada banyak sumber non formal yang dapat dijadikan sumber pendidikan dan ilmu pengetahuan. Sumber-sumber tersebut akan disampaikan pada bagian selanjutnya. Jadi, lanjutkanlah pembacaan anda pada bagian berikutnya. Sehingga, informasi yang dibaca tidak terpotong dan setengah-setengah.

Sumber Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan

Setidaknya terdapat empat sumber pendidikan dan ilmu pengetahuan yang bisa manusia manfaatkan dalam hidupnya. Ulasan dari setiap sumber tersebut, akan disampaikan dibawah ini.

1. Keluarga

Proses pembelajaran seorang manusia dimulai melalui keluarga. Orang tua akan mengajarkan berbagai pembelajaran untuk mengenal dunia. Anda akan diperkenalkan berbagai ajaran, dimulai agama hingga sopan santun. Sayangnya pengajaran ini kerap dilupakan, ketika anak telah beranjak dewasa. Kiranya nilai-nilai ini dapat kembali diingat agar bermanfaat di masa depan.

2. Sekolah

Seperti yang diketahui, sekolah adalah sarana mendapatkan pendidikan yang utama. Setelah anak berusia sekolah, waktunya lebih banyak dihabiskan di sekolah. Di sekolahlah, anak akan mendapatkan berbagai ajaran, dari matematika hingga fisika. Dari sekolah pula, akan mengetahui apakah cita-cita ataupun harapannya di masa depan.

3. Lingkungan

Percaya tidak percaya, hal lain yang mempengaruhi ilmu pengetahuan adalah lingkungan. Anda yang berada di lingkungan kurang berkembang, akan mempengaruhi pengetahuan yang dimiliki. Sedangkan jika berada di lingkungan terdidik, semakin baik pola pikir yang anak miliki. Namun pilihan lingkungan mana berada, semuanya tergantung pada diri sendiri.

4. Seminar dan Pelatihan

Media lain yang dapat dijadikan sumber ilmu adalah seminar dan pelatihan. Saat ini tersedia banyak seminar yang dapat diikuti, baik berbayar ataupun gratis. Dalam seminar akan diundang para ahli yang akan berbagi pengetahuan. Melalui transfer ilmu inilah anda mendapatkan pengetahuan baru yang mungkin tidak dapat di sekolah ataupun kampus.

Anda juga akan mendapatkan ilmu melalui perbincangan dengan orang-orang tua. Orang tua memiliki banyak ilmu pengetahuan dan pendidikan yang telah dialami sebelumnya. Hal ini tidak boleh dilewatkan, karena boleh jadi pengetahuan ini bermanfaat di masa depan.