Kesehatan

Khasiat Bawang Bombay yang Luar Biasa Bagi Kulit Hingga Tulang

Khasiat Bawang Bombay yang Luar Biasa Bagi Kulit Hingga Tulang
Posted by admin

Khasiat bawang bombay dapat anda rasakan dengan mengonsumsinya secara rutin. Kaya akan nutrisi dan banyak mengandung bahan fitokimia yang akan membantu menjaga kesehatan tubuh.

Nama bombay pada jenis umbi ini bukan memperlihatkan asal tanaman, namun karena banyaknya pedagang dari India yang membawanya. Termasuk ketika pedang India tersebut menjualnya ke Indonesia pada zaman dulu.

Bawang ini memiliki ukuran yang besar dengan daging tebal serta teksturnya halus. Telah kita ketahui bahwa bawang ini lebih terkenal di luar negeri daripada di Indonesia. Kandungan nutrisinya pun juga berbeda dengan jenis bawang khas Indonesia.

Data dari Direktorat Gizi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menerangkan bahwa bawang bombay mengandung banyak nutrisi. Diantaranya yaitu kalori (46 kal), protein (1,4 gram), karbohidrat (10,3 gram), lemak (0,2 gram), serta kandungan berharga lainnya.

Inilah Beberapa Khasiat Bawang Bombay Bagi Tubuh

Bawang bombay juga rendah kalori, namun tinggi akan antioksidan, mineral, dan vitamin. Itulah mengapa manfaat bawang bombay sangat luar biasa bagi tubuh.

Tak hanya terkenal akan membuat masakan menjadi lebih sedap, bawang ini sangat berkhasiat. Yang mana beberapa khasiatnya dapat anda ketahui pada ulasan berikut ini.

Mengobati Jamur Kulit

Bawang bombay mengandung allicin, pektin, dan flavonoid yang bersifat anti bakteri. Sehingga anda yang sedang memiliki kadas, jerawat, atau jamur kulit lainnya, bisa mengonsumsi bawang ini.

Bawang bombay ini bisa menghambat dan membunuh bakteri Staphylococcus aureus. Yang mana bakteri inilah yang bisa menyebabkan infeksi kulit seperti jerawat, arthritis, atau bisul.

Meningkatkan dan Menjaga Mood

Khasiat bawang bombay selanjutnya adalah kandungan floatnya yang mampu mengatasi gejala depresi. Sebab, kandungan ini dapat merangsang produksi serotonin, norepinefrin, serta dopamine dalam otak yang berpengaruh dengan suasana hati.

Apabila anda dalam suasana hati yang tidak baik atau tidak mood, anda bisa mengonsumsi bawang satu ini. Mood anda akan lebih meningkat dan bersemangat lagi.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Terkenal akan kandungan serat yang banyak sekali. Mengandung serat larut yang akan menjaga bakteri baik dalam usus sehingga dapat mengatasi diare.

Tak heran jika mengonsumsi bawang bombay secara rutin dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat mengolah makanan yang kita konsumsi dengan baik. Kandungan fitokimianya juga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit tukak lambung.

Menjaga Tekanan Darah

Kandungan vitamin E dan C dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil. Dengan kata lain, bawang ini bisa mengatasi hipertensi. Bagi penderita hipertensi, sebaiknya mengonsumsi bawang ini agar tekanan darah dalam keadaan baik.

Mengatasi Masalah Tenggorokan

Ternyata khasiat bawang bombay juga dapat mengatasi masalah tenggorokan, bronkitis, serta pembekakan mulut. Sebab kandungan kuersetin yang ada dapat melemaskan otot pada saluran pernafasan.

Mengatasi Keracunan

Racun yang bisa berasal dari makanan yang tercemar bakteri atau bahan kimia dapat mengganggu kesehatan. Mengonsumsi bawang bombay bisa menjadi salah satu solusinya. Mengandung metionin dan sistin yang bisa mengeluarkan racun dalam tubuh.

Menguatkan Tulang

Bawang bombay mengandung kalsium yang akan meningkatkan kekuatan tulang. Bawang bombay dapat membuat tulang menjadi lebih kuat jika dikonsumsi setiap hari.

Namun jangan salah, dibalik khasiatnya tersebut juga terdapat efek samping yang perlu anda waspadai. Bawang bombay tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang akan menjalani operasi karena memperlambat pembekuan darah.

Selain itu, bagi anda yang alergi bawang putih, jangan mengonsumsi aspirin karena akan merangsang sensitivitasnya terhadap bawang bombay. Penderita diabetes pun juga harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsinya.

Beberapa khasiat bawang bombay tersebut dapat anda rasakan jika mengonsumsinya secara rutin. Sehingga anda tak hanya bisa mengolahnya pada masakan, namun juga bisa memanfaatkannya sebagai obat.