Kesehatan

Kenali Perkembangan Bayi Umur 3 Bulan

Kenali Perkembangan Bayi Umur 3 Bulan
Posted by admin

Bayi umur 3 bulan biasanya sudah mulai dapat menunjukkan ekspresi wajah dengan meniru orang disekitarnya terutama ibu dan ayah yang mengasuhnya. Bayi juga sudah mulai dapat tersenyum, berinteraksi dengan orang lain dan juga meraih benda yang ada disekitarnya. Orang tua dapat memahami dan mengenali perkembangan bayi pada saat berumur 3 bulan agar dapat membantu memberikan stimulasi yang tepat.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

  1. Tersenyum dan ajak berbicara

Di usia 2-3 bulan, si kecil sudah mulai meniru ekspresi wajah bahkan selalu tersenyum. Bahkan bayi mulai membuat suara-suara atau disebut cooing. Si kecil senang bereksperimen dengan suara yang dapat dibuatnya bahkan bereaksi dengan suara-suara yang ada disekitarnya. Ibu bisa terus mengajak si kecil mengobrol dan juga memberikan respon yang baik agar bayi merasa senang dan diperhatikan.

  1. Mengangkat kepala

Bayi umur 3 bulan sudah mulai dapat mengangkat kepalanya dalam posisi tengkurap. Kemudian bayi akan mulai belajar berguling, memegang mainan, menggerakkan tangan dan kakinya, memasukkan benda atau tangan ke dalam mulutnya, serta mengalami perkembangan dalam koordinasi mata dan tangan.

Sebaiknya ibu terus mengawasi si kecil dan jauhkan barang-barang yang dapat membahayakan si kecil. Ibu juga dapat menggendong si kecil sambil menahan kepalanya agar tetap tegak dan membantu si kecil belajar menahan kepalanya.

  1. Belajar meraih mainan

Biarkan anak bermain dan memegang mainannya sendiri untuk memperkuat otot-ototnya. Pilih mainan yang berwarna cerah dan juga ukuran yang tepat agar anak bisa lebih mudah memegangnya dan juga mengeksplorasinya. Ibu bisa menggerak-gerakkan mainan di depan si kecil dan biarkan si kecil memperhatikan mainan tersebut. Namun tetap awasi agar anak tidak memasukkan mainan dan menelan mainan tersebut.

Tetap mengajak si kecil berbicara dan berikan pujian saat bayi memegang mainan, memberikan respon saat berbicara, berguling, dan lainnya. ibu juga bisa membacakan buku cerita kepada si kecil dan biarkan anak mengeksplorasi buku cerita agar anak bisa melihat gambar dan warna yang ada di dalam buku.

  1. Belajar berinteraksi dengan orang lain

Biarkan anak mengenali lingkungan sekitarnya. Anak akan mulai memperhatikan sekitarnya bahkan mulai melihat ke cermin dan meliat bayangan dirinya yang ada di dalamn cermin. Ia akan mulai aktif untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Si kecil juga dapat memberikan sedikit reaksi dengan mengeluarkan suara-suara dan mencoba menjawab ibunya saat diajak berbicara.

Selain menstimulasi perkembangan otot dan kemampuan si kecil, ibu juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisinya dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi umur 3 bulan yang menjadi masa-masa tumbuh kembangnya. Ibu bisa mengonsumsi susu Lactamil Lactasis yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI dan memenuhi kebutuhan ibu dan si kecil selama masa pertumbuhannya.