Others

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan dalam Membuat Daftar Isi

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan dalam Membuat Daftar Isi
Posted by admin

Daftar isi merupakan bagian pokok dari sebuah karya yang jumlah halamannya lebih dari satu. Mengingat hal tersebut, Anda harus mengetahui hal-hal penting yang tak boleh terlewatkan saat membuat daftar isi. Berdasarkan cara membuat daftar isi, beberapa hal di bawah ini harus dipastikan demi kredibilitas karya Anda.

  1. Sistematika Daftar Isi

Sebuah daftar isi merupakan kunci pencarian informasi yang cepat dan tepat dari isi sebuah karya. Oleh karena itu, bagian pokok ini harus diperhatikan secara detail. Jangan sampai Anda melewatkan satu bagian saja karena dampaknya sangat fatal. Hal pertama yang penting adalah sistematika daftar isi. Pastikan bahwa daftar isi sudah mempunyai susunan yang urut sesuai isi.

Apabila sistematika ini kurang diperhatikan dan justru terdapat kesalahan, maka pembaca bisa mengalami kesalahan informasi. Ketidaktepatan antara isi dengan urutan daftar isi merupakan suatu hal yang fatal. Buatlah daftar isi yang benar-benar berkualitas yaitu dengan menyusunnya urut sesuai dengan urutan pada isi karya.

  1. Jarak Tulisan dengan Margin

Poin kedua yang harus benar-benar diperhatikan dalam membuat daftar isi adalah jarak tulisan dengan margin atau batas tulisan. Poin ini harus dipahami. Anda dapat melihat contoh-contoh daftar isi dan membaca aturan idealnya. Dengan demikian, Anda bisa menentukan jarak yang tepat antara tulisan, titik-titik, dan nomor halaman. Tentukan pula margin yang benar sesuai standar.

  1. Kaidah Penulisan

Menurut cara membuat daftar isi, kaidah penulisan juga wajib diperhatikan. Setelah melakukan pengaturan titik-titik dan nomor halaman, Anda harus memeriksa kembali ketepatan munculnya titik-titik dan nomor halaman tersebut di halaman daftar isi. Pastikan bahwa semuanya sudah sesuai dan simetris atau lurus.

Selanjutnya, perhatikan pula ketepatan penulisan semua tulisan. Pastikan bahwa setiap tulisan sudah mematuhi kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik dari sisi huruf kapital, spasi, kata depan, maupun tanda baca. Jangan sampai terdapat kesalahan karena hal ini sangat penting agar daftar isi tersebut komunikatif dan kredibel.

  1. Kesesuaian Penomoran Halaman

Poin penting yang terakhir adalah kesesuaian penomoran yang ada di halaman daftar isi dengan bagian isi. Kedua bagian tersebut harus sesuai agar tidak menimbulkan kesalahan informasi. Pembaca harus benar-benar mendapatkan informasi yang tepat. Anda juga perlu menjaga kredibilitas karya dengan ketepatan pembuatan daftar isi.

Mengingat semua efek tersebut, Anda harus memeriksa dengan detail hasil daftar isi yang dibuat. Apabila Anda menggunakan cara otomatis, maka umumnya sudah terdapat kesesuaian antara nomor halaman di daftar isi dengan yang di bagian isi secara otomatis. Berbeda jika Anda menggunakan cara manual, maka harus memeriksa kesesuaiannya satu demi satu.

Itulah berbagai hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar isi, baik secara manual, maupun otomatis. Jadi, jangan sampai menyepelekan cara membuat daftar isi yang baik dan benar karena sangat berdampak besar pada hasil daftar isi yang dibuat.