Lifestyle

Cara Memilih Pakaian Bayi Sebagai Perlengkapan Bayi Sebelum Kelahiran

Cara Memilih Pakaian Bayi Sebagai Perlengkapan Bayi
Posted by admin

Perlengkapan bayi penting untuk dipersiapkan terlebih dahulu menjelang hari kelahiran. Hal ini bertujuan agar orang tua tidak sibuk mempersiapkan perlengkapan bayi setelah bayi lahir dan bisa lebih fokus untuk merawat si kecil. Terdapat banyak hal yang sebenarnya harus dipersiapkan terlebih dahulu salah satunya yaitu baju bayi.

Cara Memilih Perlengkapan Baju Bayi

Kebutuhan bayi sehari-hari juga menjadi hal yang sangat penting sehingga harus diperhatikan dengan baik dan tidak boleh sembarangan memilih terutama pakaian karena langsung dikenakan dan bersentuhan dengan kulit. Agar tidak salah, berikut cara memilih pakaian bayi yang tepat.

  1. Beli sesuai kebutuhan

Sebelum kelahiran si kecil, sang bunda memang telah menyiapkan seluruh pakaian yang dibutuhkan si kecil setelah lahir namun terkadang banyak yang dibeli padahal tidak terlalu dibutuhkan. Sebaiknya prioritaskan mana yang paling penting terlebih dahulu.

  • 4-8 potong onesis (pilih model yang lubang leher dan kaki lebar),
  • 4-8 potong pakaian dalam (pilih yang memiliki lubang leher lebar),
  • 4-8 set piyama,
  • 2 potong selimut,
  • 1-3 potong sweater atau jaket dengan kancing bukaan di bagian depan,
  • 1-3 potong romper atau baju pergi,
  • 4-7 pasang kaos kaki,
  • 1-3 buah topi atau penutup kepala lainnya, pilih yang tanpa tali,
  • sarung tangan.
  1. Pilih yang nyaman

Pilihlah baju yang mengutamakan kenyamanan daripada desain. Hindari baju yang memiliki banyak aksesoris karena dapat membahayakan bayi entah itu tertelan atau menggores kulit. Baju-baju yang memiliki banyak aksesoris memang terlihat lucu namun selalu utamakan kenyamanan dan keamanan si kecil.

  1. Pilih ukuran yang tepat

Jangan memilih baju yang terlalu pas di tubuh karena akan menghambat pertumbuhan dan pergerakan si kecil. Usahakan untuk memilih baju dengan ukuran sedikit lebih besar karena pertumbuhan bayi tumbuh dengan cepat. Jangan memilih ukuran baju berdasarkan usia namun berdasarkan ukuran bayi.

  1. Perhatikan bahan

Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif sehingga harus lebih berhati-hati dalam memilih pakaian agar kulit bayi tidak iritasi. Sebaiknya memilih bahan katun karena memiliki permukaan yang lembut dan dapat menyerap keringat. Kain katun juga cukup fleksibel sehingga si kecil bisa bebas bergerak.

  1. Pilih yang praktis

Memilih baju yang praktis sangatlah penting karena akan membantu orang tua untuk mengganti popok. Maka dari itu sebaiknya pilih yang mudah dipasang dan dilepas agar tidak repot. Anda bisa memilih baju onesies atau yang tidak memiliki banyak kancing. Kancing yang terlalu banyak juga ditakutkan dapat membahayakan si kecil misalnya menggores kulitnya atau terlepas dan tertelan oleh bayi.

  1. Pilih yang berkualitas

Pemilihan pakaian bayi yang berkualitas sangatlah penting mengingat bayi masih belum paham cara menjaga kebersihan sehingga baju bayi harus sering dicuci apalagi ketika terkena makanan yang jatuh saat makan, tumpahan minum, atau saat buang air kecil dan buang air besar. Jangan sampai pakaian yang dibeli sudah rusak padahal baru beberapa kali dicuci. Salah satu pilihan pakaian bayi berkualitas adalah Kazel dengan bahan yang aman dan tentunya awet.

Baju bayi adalah perlengkapan bayi yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan dan menjaga kehangatan tubuh si kecil. Hanya saja terkadang orang tua bingung harus membeli yang mana dan akhirnya membeli terlalu banyak baju karena desain yang lucu padahal tidak terlalu dibutuhkan. Untuk itulah baju bisa dibeli seperlunya saja dan tidak berlebihan.